Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pentol Daging Empuk, Kenyal dan Enak

Nurul Hidayah - Cara Membuat Pentol Daging Empuk, Kenyal dan Enak tentunya akan selalu dicari oleh banyak orang, khususnya bagi penggemar pentol itu sendiri. Perlu diketahui bahwa saat ini ada banyak sekali penjual menjual pentol memakai bahan pengawet ataupun bahan berbahaya lainya. Oleh sebab itu, sebaiknya jadilah ibu yang cerdas dengan menyajikan makanan yang sehat untuk keluarga tercinta.

Nah kali ini saya mengolah daging sapi menjadi pentol karena memang anak saya suka dengan jajanan ini. Daripada jajan di luar, alangkah baiknya mengolahnya sendiri di rumah untuk buah hati tercinta. Selain sehat dan higeinis, tentunya juga bisa menghemat pengeluaran bulanan ya bu ibu.



Seperti yang diketahui bahwa pentol merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang berbahan dasar daging yag digiling. Anda bisa memakai daging sapi ataupun ayam. Namun kali ini saya memakai daging sapi untuk resep kali ini. Sebaiknya pilihlah daging yang kualitasnya bagus ya agar hasil pentolnya nanti enak. Dan satu lagi jangan gunakan daging sapi yang ada kotot, tulang dan gajehnya agar tidka alot.

 Pilihan daging sapi dengan kualitas yang bagus akan mempengaruhi rasa pentolnya. Oleh sebab itu sebaiknya gunakanlah daging dengan kualitas super dan fresh. Selain itu simak juga Cara Membuat Pentol Daging Empuk, Kenyal dan Enak berikut ini:




Pentol Daging Sapi

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu:
1. Daging sapi 1 kg, giling hingga halus
2. Tepung tapioka 100gram
3. 1 bungkus lada bubuk
4. Bawang putih 1 bonggol
5. Es batu secukupnya, hancurkan
6. Bawang goreng 2 sendok makan
7. Garam 2 sendok teh
8. Penyedap rasa 1 bungkus
9. Baking powder 1 sendok teh, boleh diskip
10. Air secukupnya

Cara Membuat Pentol Daging Empuk, Kenyal dan Enak:
1. Pertama, potong kasar daging sapi, kemudian haluskan hingga halus bisa menggunakan blender atau food processor .
2. Langkah selanjutnya yaitu campur semua bahan seperti tepung tapioka, bawang putih, bawang goreng, garam, lada bubuk, penyedap rasa, baking powder dan juga daging yang sudah digiling.
3. Nah cara mencampurnya bisa diuleni pakai tangan atau langsung campurkan bahan-bahan tersebut dengan food processor atau blender. Namun, sebaiknya gunakan salah satu alat agar bisa tercampur rata dan tidak begitu capek mencampurnya. Campur hingga merata ya.
4. Kemudian tambahkan es batu yang sudah dihancurkan. Aduk hingga merata menggunakan blender ata food processor.
5. Di tempat lain, rebus air hingga mendidih.
6. Nah setelah air rebusan mendidih dan adonan tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat-bulat menggunakan bantuan tangan dan sendok.
7. Tekan-tekan tangan dan kepal adonan hingga keluar adonan yang berbentuk bulat. Kemudian ambil dengan bantuan sendok.
8. Setelah itu, masukkan adonan yang sudah berbentuk bulat ke dalam air panas. Lakukan hingga adonan habis dan jika pentol sudah mengapung, langsung angkat dari permukaan dan tiriskan terlebih dahulu.
9. Setelah ditiriskan, pentol daging siap disajikan mangkok saji.


Itulah tadi Cara Membuat Pentol Daging Empuk, Kenyal dan Enak yang tidak begitu sulit langkah-langkahnya. Saya menyajikan pentol di atas mangkok dan dengan sambal kacang. Akan terasa jauh lebih enak dan nikmat jika dimakan dengan sambal kacang. Tidak usah khawatir, ini saya juga membuat sambalnya. Yuul simak cara bikin sambal kacang pentol juga ya. Selamat mencoba!



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pentol Daging Empuk, Kenyal dan Enak"